IDC: Samsung Rajai Pasar Smartphone Indonesia

IDC: Samsung Rajai Pasar Smartphone Indonesia

Atie Farid 07 - Pada kuartal II 2019, dua firma penelitian mengungkap hasil yang bertolak belakang soal pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Canalys menyinggung Oppo menggeser Samsung sebagai peringkat kesatu, Counterpoint Research mendudukkan Samsung tetap sebagai jawara.

Laporan Counterpoint tidak cukup lebih sama juga diperoleh firma IDC. Berdasarkan keterangan dari IDC, Samsung masih menguasai pasar smartphone di Indonesia menurut angka pengapalan (shipment).

Berikut vendor smartphone dan pangsa pasarnya di Indonesia guna kuartal II 2019 menurut laporan lDC:

  1. Samsung (meraih pangsa pasar 26,9 persen)
  2. Oppo (21,5 persen)
  3. Vivo (17 persen)
  4. Xiaomi (16,8 persen)
  5. Realme (6,1 persen)

Pangsa pasar Samsung menjangkau 27 persen pada kuartal II-2019. Capaian Samsung ini sama dengan periode yang sama tahun 2018 lalu. (Baca juga: 5 Besar Penguasa Pasar Smartphone Dunia di Kuartal Pertama 2019)

Berdasarkan keterangan dari analis IDC, Risky Febrian, Samsung dapat mempertahankan pangsa pasarnya berkat barisan Galaxy A yang gencar diluncurkan sepanjang semester I tahun ini.

"Pengaruhnya lumayan signifikan khususnya mid-range (Rp 2,8 - 5,6 juta) dan high-end (Rp 5,6 - 8,5 juta). Galaxy A berkontribusi 77 persen dari seluruh produk Samsung," jelas Risky, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (29/8/2019).

Angka yang dijangkau Samsung itu terhitung semenjak peluncuran Galaxy A2 Core sampai Galaxy A70.

Oppo malah baru menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 21,5 persen, naik dari periode yang sama tahun kemudian sebesar 18 persen.

Vivo menduduki urutan ketiga dengan pangsa pasar 17 persen, naik lumayan signifikan dibanding periode yang sama tahun kemudian sebesar 9 persen.

Baca juga: Disebut Kalah dari Oppo di Indonesia, Begini Tanggapan Samsung

Xiaomi merosot

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "IDC: Samsung Rajai Pasar Smartphone Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel