Kapan Ponsel HarmonyOS Huawei Meluncur?

Kapan Ponsel HarmonyOS Huawei Meluncur?

Atie Farid 07 - Setelah sempat ditutup pemerintah AS sejumlah waktu lalu, Huawei mematangkan rencananya untuk menciptakan sistem operasinya sendiri.

Huawei pun mengenalkan HarmonyOS sebagai nama global sistem operasi buatnnya sendiri. Di China, namanya pulang menjadi HongMengOS.

Sistem operasi tersebut digadang-gadang menjadi pengganti Android, sesudah kerja sama Huawei dan Google sempat ditangguhkan. Namun informasi tersebut pun masih simpang siur. Kabar sebelumnya menyinggung smartphone dengan Harmony OS bakal meluncur akhir tahun 2019.

Tapi informasi terbaru malah mengatakan bahwa Huawei belum mempunyai rencana tentu kapan bakal membekalkan sistem operasi itu ke dalam smartphone.

Huawei Senior Vice President, Vincent Yang menuliskan bahwa Huawei masih hendak mempertahankan satu standar dan satu ekosistem.

Baca juga: Huawei dan MediaTek Bersama Bikin Ponsel 5G Murah?

Untuk smartphone, kata Yang, Huawei masih menanam HarmonyOS sebagai rencana "B" bilamana Huawei sama sekali tidak diizinkan menggunakan Android.

Sementara Mate 30 Pro, smartphone yang rencananya bakal diluncurkan pertengahan September mendatang, dinamakan masih bakal menjalankan Android.

Akan tetapi, bilamana pemerintah AS tetap menerapkan pemblokiran, barulah Huawei akan berpindah ke HarmonyOS. Rencana tersebut pun baru akan dipakai jika Huawei benar-benar terdesak.

Secara kesiapan, agaknya lumayan wajar bilamana Huawei masih tarik-ulur berhubungan perilisan HarmonyOS. Sistem operasi itupun baru diperkenalkan sejumlah bulan kemudian dan belum didukung software apa pun, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Sabtu (24/8/2019).

Huawei pasti akan mempertimbangkan matang-matang pemakaian HarmonyOS atau HongmengOS di smartphone, menilik pangsa pasarnya ketika ini masih besar, baik di global maupun China.

Sebelumnya, Huawei sesumbar bahwa HarmonyOS lebih "bersih" dibanding Android dan melulu memiliki sejumlah baris kode. Di samping smartphone, OS ini pun kabarnya bakal menjalankan produk lain laksana mobile, televisi, dan smartwatch.

 

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Kapan Ponsel HarmonyOS Huawei Meluncur?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel