Ponsel Android dan iPhone Bekas Bisa Dijadikan CCTV, Begini Caranya

Tentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh). Kamera ini juga bisa untuk digunakan pada kondisi gelap atau terang. ShutterstockTentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh). Kamera ini juga bisa untuk digunakan pada kondisi gelap atau terang.

KOMPAS.com - Kamera yang terpatri di smartphone Android atau iPhone sejatinya memiliki fungsi utama untuk memotret objek atau merekam berbagai macam momen.

Nah, siapa sangka kamera smartphone juga bisa dialihfungsikan sebagai kamera Closed Circuit Television atau CCTV. Kamera CCTV biasanya digunakan untuk memantau kondisi di dalam atau sekeliling rumah.

Dibandingkan kamera CCTV konvensional, smartphone memiliki satu kelebihan, yaitu dari segi fleksibilitas, di mana ponsel memang bisa diletakkan di seluruh penjuru rumah dengan mudah. 

Lantas, bagaimana cara mengalih-fungsikan sebuah smartphone manjadi sebuah kamera bak CCTV?

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 4 Meledak Terekam CCTV

Sebelum menjawab pertanyaan itu, simak dulu sejumlah hal yang harus dipersiapkan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Senin (19/8/2019).

Hal yang harus disiapkan

Pertama, siapkan dua buah smartphone, bisa Android atau iPhone. Kedua ponsel itu nantinya bakal memiliki fungsi berbeda. Sebut saja ponsel A sebagai kamera CCTV dan ponsel B sebagai perangkat untuk memonitor kamera tersebut.

Kedua, siapkan adapter charger atau power bank untuk mengisi daya smartphone. Jika menggunakan charger, pastikan ponsel A diletakkan di dekat sumber listrik.

Ketiga, siapkan akun Google baru atau akun yang tidak terpakai. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi masalah-masalah keamanan atau privasi, yang mungkin bisa saja terjadi ketika Anda menggunakan aplikasi kamera CCTV yang akan digunakan.

Belum ada Komentar untuk "Ponsel Android dan iPhone Bekas Bisa Dijadikan CCTV, Begini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel